Cara Mendidik Anak Menurut Islam, Calon Orang Tua Muslim Wajib Tau

0
4
Yumbrosia_anak-dalamislam

yumbrosia.com, Islam mempunyai caranya sendiri untuk mendidik anak, sehingga anak yang di besarkan dengan ajaran islam tumbuh dengan baik dan penuh kasih sayang. Cara mendidik anak menurut islam memiliki berbagai cara dan berbagai metode, namun memiliki kesamaan yaitu membersarkan dan mendidik anak dengan penuh kebaikan. Berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak menurut islam, informasi ini sangat bermanfaat untuk orang tua yang ingin mendidik anaknya menurut agama islam.

Mengenalkan Dan Mendidik Anak Dengan Tauhid

Pada usia anak menginjak 3 tahun orang tua sebaiknya mengajarkan anak dengan kalimat tauhid yaitu “Laila ha illallah” sebanyak 7 x. kemudian ketika anak sudah menginjak usai 7 tahun, ajarilah anak untuk mengucapkan kata “Muhammad Rasullullah.”. dengan begitu anak ala tahu bahwa tuhan mereka Allah SWT dan Muhammad SAW.

Mendidik Anak Tentang Sholat Sejak Dini

Setelah usia anak 5 tahun dan telah memahami arah, sebaiknya kenalkan anak dengan sholat sejak dini. Mulailai dengan mengajari anak tentang arah kiblat, kemudian lanjutkan dengan mengajarkannya sholat. Kemudian pada usia 7 tahun, ajarkanlah anak untuk membasuh muka dan mengajaknya shalat. Untuk mengajarkan tata cara wudhu dengan baik dan benar, para orang tua dapat mengajarkan  anaknya pada usia 9 tahun.

Hak Anak Dalam Pendidikan

Anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak baik pendidikan formal maupun pendidikan agama, agar keduanya seimbang dan dapat menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan dengan benar. Selain itu ada 3 hal yang harus di ingat oleh orang tua dalam mendidik anakanya adalah memberikannya nama yang baik, nama adalah doa sehingga anak harus di berikan anak yang baik. Kemudian jika mampu akikah kan anak dengan memotong rambutnya, dan lebih baik dilakukan pada hari ke tujuh.

Kemudian ada hak anak yang tertambat pada anaknya apa sajakah itu, yang pertama adalah budi pengajaran budi pekerti yang luhur, yang kedua menulis, ke empat latihan fisik yang menyehatkan badan dan yang terakhir adalah harta warisan harta yang halal.

Tentang Ibadah-ibadah  Dan Amalan Lainnya

Saat anak mendekati usia Baligh (usia dimana anak telah mengetahui mana yang baik dan mana yang benar) maka wajib hukumnya bagi orang tua untuk mengajarkan anaknya berpuasa dan shalat lima waktu. Selain itu orang tua wajib memberikan anak pendidikan dan mencari ilmu, selain itu  mendidik anak dalam islam wajibkan anak membaca al-quran. Jika anak tidak mampu membaca al-quran perintahkan lah anak tersebut untuk mencatatnya saja, denga begitu anak akan membaca terlebih dahulu sebelum mencatatnya.

Subhanallah, betapa indah tuntunan yang telah Nabi berikan untuk mendidik anak kita. Sebagai penutup berikut adalah penjelasan Imam Ali Zainal Abidin dalam kitab Risatul Huquq.

“Adapun hak anakmu adalah, ketahuilah bahwa ia berasal darimu. Dan segala kebaikan dan keburukannya di dunia, dinisbatkan kepadamu. Engkau bertanggung jawab untuk mendidiknya, membimbingnya menuju Allah dan membantunya untuk menaati perintah-Nya.”

“Maka, perlakukanlah anakmu sebagaimana perlakuan seseorang yang mengetahui bahwa andaikan ia berbuat baik pada anaknya, niscaya ia akan mendapatkan pahala dan andaikan ia berbuat buruk niscaya ia akan memperoleh hukuan.”

(Al Khislal, hal.568)

Itulah cara mendidik anak menurut islam, anak di ajarkan beberapa hal yang baik untuk masa depanya. Anak harus di ajarkan pendidikan agama sejak dini dan wajib melakukan puasa, salat dan membaca al-quran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here