Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Yang Baik Dan Benar

Yumbrosia_cara-mendidik-anak-2-tahuni

yumbrosia.com, Cara mendidik anak usia 2 tahun tentu saja sangat berbeda dengan mendidik anak usia 1 tahun, hal ini karena anak dengan usia 2 tahun anak dapat menggunakan kecerdasan otaknya dalam bertindak. Oleh karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk tetap mendampingin anak di usia tersebut, belum lagi kita harus mendidik anak sejak dini agar kedepanya anak memiliki prilaku yang baik dan membanggakan.

Berikut ini adalah cara mendidik anak usia 2 tahun, seperti apa cara mendidiknya? Mari kita lihat cara tersebut di bawah ini.

Mengajarkan Kebiasaan-kebiasaan Kecil

Mendidik anak 2 tahun memang gampang-gampang susah, karena pada umur tersebut anak belum mengerti apa-apa sehingga perlu perlakuan khusus agar anak mau mengerti. Untuk mendidik anak pada usia tersebut, para orang tua dapat mengajarkan anak dengan kebiasaan-kebiasaan kecil.

Kebiasaan kecil tersebut seperti mengajarkan kebiasaan baik yang mudah di lakukan elh anak umur dua tahun, seperti mengajarkan anak bersalaman atau mencium tangan.  Contoh lainya adalah membiarkan anak menggunakan tangan kanan, atau mengajarkan anak berdoa sebelum melakukan aktivitas seperti makan.

Luangkan Waktu Untuk Anak

Sesibuk-sibuknya orang tua, meluangkan waktu untuk si kecil adalah hal yang penting karena mau bagaimanapun kasih sayang orang tua adalah yang terpenting. Perhatian dan kasih sayang orang tua akan menjalin ikatan yang sangat baik dan kuat, maka anak akan lebih menurut kepada orang tua yang dekat dengan dirinya. Selain itu manfaar meluangkan waktu kepada anak adalah dapat memberikan rasa nyaman pada anak, sehingga anak akan tumbuh dan berkembang dengan pengawasan kita.

Biarkan Anak Menunjukan Ekspresinya

Anak berusia 2 tahun memiliki naluri dan rasa ingin tahu yang kuat, maka seringkali mereka melakukan hal-hal yang menarik ketika menemukan hal baru. Biarlah anak berekspresi sesuai apa yang anak rasakan, dengan begitu anak akan mendapatkan pengalaman yang banyak. Contohnya anak yang menyukai seekor kucing, biarkanlah anak tersebut bermain dengan kucing dan berkspresi. Kita sebagai orang tua dapat mengawasinya dan memperhatikanya.

Awasi Apapun Yang Anak Lakukan

Pada usia anak menginjak 2 tahun, prilaku dan kegiatan yang di lakukan harus dalam pengawasan orang tua. Karena pada umur 2 tahun anak memiliki rasa tahu yang tinggi, namun belum mengenal mana bahaya yang dapat melukai dirinya. Disini orang tua memiliki peran pentingdalam mengawasi, sehingga anak akan melakukan kegiatan dengan rasa aman karena di bawah pengawasan kita sebagai orang tua.

Jangan Membentak Anak

Hal keliru yang sering di lakukan orang tua adalah tidak sengaja membentak anak, hal tersebut ada yang reflek dari orang tua ada pula yang memang membentak asli. Membentak anak akan membuat mental anak terganggu, selain itu anak akan mendapatkan trauma yang cukup tinggi.

Jika sudah begitu anak akan terkena gangguan psikolgis karena bentakan pada anak di usia 2 tahun sangat fatal akibatnya, jadi hindarilah membentak anak di usia 2 tahun meskipun anak sering kali membuat prilaku yang menjengkelkan harus tetap di wajarkan.

Itulah cara mendidik anak usia 2 tahun yang baik dan benar, anak umur 2 tahun hanya perlu pengawasan dan kasih sayang orang tua dengan begitu anak akan merasa aman karena berada dekat dengan oran tua. Jika anak sudah merasa aman anak tidak akan takut dan malu ketika ingin mencoba hal baru yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *