Sekjen Demokrat Duga Pertemuan JK – SBY Membahas Pilpres 2019

0
6
AHY dan JK membahas Pilpres 2019

yumbrosia.com, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan menduga ada kemungkinan pembicaraan politik dalam pertemuan antara Jusuf Kalla (JK) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Senin, 25 Juni 2018 di kediaman SBY, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Pertemuan keduanya berlangsung selama satu jam, JK datang bersama istrinya Mufidah Kalla pada pukul 20.00 WIB. Mereka memakai baju batik merah demikian juga dengan SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono. Dalam pertemuan tersebut, hadir juga dengan putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Menurut Hinca, tidak menutup kemungkinan ada pembicaraan mengenai pencalonan Jusuf Kalla berpasangan dengan AHY di Pilpres 2019.

“Kami yang bekerja di politik mana ada pertemuan yang tak memperbincangkan politik. Oleh karena itu, pertemuan itu sendiri sudah politik dan kalau ada yang mengawin-ngawinkankan JK-AHY, toh teman-teman juga yang bilang. Kami juga tak mungkin menolak itu,” kata Hinca di DPP Partai Demokrat Jakarta pada Rabu (27/6/2018).

AHY dan JK membahas Pilpres 2019

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan ia hanya bersilaturahmi dengan SBY. “Beliau bagi saya saudara, sahabat, bekas anak buah, kami membahas berapa cucu” ujar JK sambil tertawa.

Hinca berpendapat JK sedang menjalankan politik yang ‘manis.’ “Saya kira Pak JK memainkan politik yang manis sekali mengunjungi Pak Habibie, dan itu negarawan yang baik untuk berkonsultasi berdiskusi,” kata Hinca. Sebelum bertemu dengan SBY, JK juga datang mengunjungi Habibie pada Senin, 21 Juni 2018.

Sebelumnya, AHY mengatakan arah koalisi partai-partai politik di pilpres 2019 masih bekum jelas. Penjelasan koalisi akan terbentuk pada menit-menit terakhir. Ia masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait dengan presidential threshold 0 persen.

“Partai Demokrat sadar betul dengan tiket yang kami miliki hanya 10 persen,” tutur AHY. di kantor DPP Partai Demokrat, Selasa malam, 26 Juni 2018.

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan Demokrat masih melihat kemungkinan Partai Golkar akan berkoalisi dengan Demokrat walaupun sudah terlihat bahwa partai yang memiliki logo pohon beringin tersebut mendukung Jokowi. Saat ini, Partai Demokrat masih berusaha untuk membangun poros ketiga di pipres 2019  nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here