Tips Memilih Topi Bayi yang Aman dan Nyaman Dipakai

0
2
topi bayi
Topi Bayi.

Yumbrosia.com, Usia balita merupakan usia dimana anak masih sangat lucu dan menggemaskan. Tak jarang agar si kecil terlihat lucu dan menggemaskan, para orang tua memilihkan berbagai pakaian dan perlengkapan untuk menunjangnya. Jika Anda merupakan salah satunya, maka hal ini sah-sah saja untuk dilakukan. Kebanyakan orang tua cenderung memilihkan pakaian maupun perlengkapan yang cenderung mahal untuk balitanya. Padahal tidak semua produk yang mahal dan bermerk cukup aman dan nyaman untuk dipakai oleh si kecil. Seperti misalnya saat memilihkan topi bayi untuk si kecil.

Kebanyakan orang tua memilihkan topi untuk balita hanya sekedar digunakan untuk kebutuhan fashion saja, padahal pemilihan topi yang tidak tepat akan membuat si kecil tidak nyaman bahkan menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

Topi bayi.
Topi bayi.

Topi untuk balita memang cukup beragam dari model, warna, motif, dan bahannya saat kita melihat di toko-toko maupun situs belanja online. Sehingga tak jarang sebagian dari kita hanya terfokus pada modelnya yang lucu. Hal ini tidak sepenuhnya salah jika model topi yang lucu tersebut juga memiliki bahan yang nyaman untuk digunakan si kecil. Namun seringnya antara model topi dengan kenyamanan tidak berimbang.

Topi bayi
Topi bayi.

Sebelum membelikan si kecil topi, sebaiknya pertimbangkan juga beberapa hal, seperti waktu yang tepat untuk mengenakan topi, tujuan penggunaan, hingga harga yang terjangkau mengingat masih banyak kebutuhan si kecil yang harus dipenuhi. Agar si kecil aman dan nyaman dengan topi bayi yang Anda pilihkan, ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut.

Memilih bahan topi yang lembut.

Mengingat kulit bayi yang masih cenderung sensitif, maka saat memilihkan topi perhatikan dengan teliti bahan yang digunakan. Sebaiknya pilihkan untuk di kecil topi dengan bahan yang lembut dan halus. Selain itu topi yang sedikit longgar juga tepat untuk si kecil untuk memungkinkan terjadinya pertukaran udara pada kulit kepala.

Keringat berlebih saat mengenakan topi jika terjebak dalam topi yang sesak atau terlalu pas akan menyebabkan bintik-bintik pada kulit kepala si kecil. Topi dari bahan katun umumnya lebih cocok untuk si kecil, mengingat sifatnya yang sejuk saat dipakai, mudah menyerap keringat, serta memiliki pori-pori yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran udara.

Memilih ukuran topi yang pas.

Memilih ukuran yang tepat juga harus Anda perhatikan saat memilihkan topi untuk si kecil. Topi untuk balita yang tepat adalah yang tidak terlalu kebesaran sehingga membuat jarak pandang si kecil terganggu, namun juga bukan yang terlalu ketat sehingga membuat si kecil merasa tersiksa karena kesempitan, bahkan sakit kepala. Usahakan untuk tidak memilihkan topi yang berkaret untuk si kecil, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang masih sangat rentan.

Memilih topi yang memiliki fungsi menghangatkan sekaligus melindungi dari sinar matahari.

Kebanyakan dari para orang tua memilihkan topi bayi untuk anaknya hanya sekedar memenuhi kebutuhan fashion saja agar terlihat menarik atau lucu. Padahal fungsi dari topi lebih dari itu. Salah satu fungsi topi yang harus Anda dapatkan saat membeli topi untuk si kecil adalah yang mampu membuat tubuh si kecil merasa hangat, khususnya saat digunakan di musim dingin.

Selain itu juga memiliki fungsi untuk melindungi si kecil dari sengatan sinar matahari secara langsung. Dengan mengetahui fungsi dari topi yang dipilihkan untuk si kecil, Anda nantinya juga akan mudah mencarikan bahan topi yang sesuai untuk kebutuhannya. Misalnya saja untuk cuaca panas yang terik dengan sinar matahari, maka topi dari bahan katun dan berwarna cerah akan sangat cocok untuk dikenakan oleh si kecil.

Itulah tips memilih topi bayi, agar si kecil tetap aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here